POLRES MITRA GELAR APEL SERENTAK KESIAPAN PENGAMANAN PILKADA 2020 BERSAMA LINMAS DI SELURUH WILAYAH KAB. MITRA

Humas Polres Mitra - Polres Mitra melaksanakan apel kesiapan terkait pengamanan Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur Sulawesi Utara pada 09 Desember 2020 yang dilaksanakan serentak di tiap ibukota Kecamatan pada Rabu (02/12/20) tepatnya pukul 09.00 Wita.

Polres Mitra melaksanakan apel bersama anggota Polri beserta unsur pengamanan dari Linmas yang merupakan bagian dari KPPS yang di kumpulkan di masing-masing Kecamatan.

Dan untuk ibu kota Kabupaten Mitra yaitu di wilayah hokum Polsek Ratahan terdiri dari Kec. Ratahan, Kec. Ratahan Timur dan Kec. Pasan, apel dipimpin langsung oleh Wakapolres Minahasa Tenggara Kompol Steven J. R. Simbar, SIK, yang di dampingi Kapolsek Ratahan Kompol Ronny R. Tumalun, SE serta Camat Ratahan Bpk. Novry Raco, diikuti oleh anggota Polri dan Linmas, bertempat di Lapangan Ompi Ratahan.


Dalam Apel tersebut, Wakapolres Kompol Steven J. R. Simbar, SIK memberi arahan kepada anggota Polri yang melaksanakan Pam TPS dan Linmas agar tetap saling berkoordinasi karena mereka merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pilkada khusuanya pada saat hari H di TPS.

Dijelaskannya, para linmas adalah personil pengamanan yang ada dalam TPS yang bertugas memberikan keamanan, ketertiban maupun ketentraman dalam pelaksanaan pencoblosan nantinya.

Untuk itu melalui apel tersebut mereka diminta saling berkoordinasi, sehingga anggota Polri yang melaksanakan tugas di TPS bisa mengetahui siapa saja personil yang mengawasi pemilihan dalam TPS.

Pada kesempatan tersebut juga, Waka Polres memberikan beberapa bekal kepada para linmas, sehingga mereka sadar akan tugas dan tanggungjawab mereka sebagai ujung tombak pelaksanaan pilkada, dengan atensi utama mengedepankan protokol kesehatan.

Dan untuk kesiapan Polres Mitra dalam pengamanan pelaksanaan pilkada nanti, ia menuturkan jika Polres telah menggelar personil, dan telah di bagi habis di tiap TPS meski di tengah keterbatasan personil. Karenanya, Polres telah meminta penguatan personil dari Polda sehingga akan ada bantuan dari Polda (BKO) yang disiagakan untuk pengamanan TPS nanti.

Dijelaskannya, untuk pola pengamanan sendiri, diterapkan berdasarkan pola kerawanan masing- masing TPS. Pihak Polrespun berharap agar nantinya masyarakat dapat menggunakan hak suara dengan sebaik-baiknya serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sementara Camat  Ratahan Novry Raco mengatakan, pelaksanaan apel siaga dari Polri dan Linmas ini, tujuannya untuk melihat kekuatan pengamanan dalam pelaksanaan pilkada nanti agar bisa berjalan dengan baik.

Sedangkan untuk pengamanan di wilayah Ratahan sendiri, Kapolsek Ratahan Kompol Ronny R. Tumalun, SE mengatakan, pihak kepolisian telah menggelar apel di 3 (tiga) kecamatan. Dan dalam apel kesiapan yang di gelar, ada sebanyak 138 linmas yang dilibatkan untuk ditugaskan di 79 TPS yang ada di wilayah hukum Polsek Ratahan.

Menurut dia, dalam pelaksanaan pilkada nanti, pihak Polri akan terus bersinergi dengan TNI, pemerintah Kecamatan, petugas di TPS, agar tercipta pilkada yang aman, nyaman dan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid 19.

(zackh nts)


No comments

Powered by Blogger.