Toleransi dan Intoleransi

Istilah toleransi belakangan ini nampaknya sangat familiar. Kata ini juga sering digunakan di berbagai forum seminar bahkan di media sosial. Sekalipun orang sering menulis kata toleransi ini di akun pribadinya, baik untuk tulisan pribadi atau polemik di kolom komentar.


Terma seperti toleransi, Pancasila, kerukunan, nampaknya dewasa ini sudah menjadi mantra ajaib untuk meyakinkan orang atau bisa juga menjadi semacam  ‘bumbu penyedap’ dalam retorika yang dibawakan oleh tokoh politik di muka umum.


Pada saat tahun politik berlangsung, istilah toleransi, radikalisme, Pancasila adalah kalimat yang selalu diusung oleh tiap politisi yang ingin mendapat simpati dari masyarakat. Bablasnya, pasca pemilihan, terma  toleran dan intoleran sering dilontarkan untuk memojokkan lawan politik.


Oleh karena itu, kita harus sepakat bahwa intoleransi merupakan ideologi yang bertentangan dengan pandangan masyarakat dan negara, maka perlu ada upaya yang sistematis dari semua elemen baik pemerintah dan masyarakat untuk mengatasinya.

No comments

Powered by Blogger.